Senin, 26 September 2011

GENERASI


In Het Heden Light Her Verleden ( dalam masa kini terdapat masa yang silam ), In Het Nu Wat Komen Zal  ( dalam masa sekarang akan mengukir masa yang akan datang ).
Dapat dikatakan pula bahwa dalam menjalani kehidupan masyarakat demikian perseorangan, pasti terikat oleh 3 ( tiga ) dimensi waktu yaitu ; masa kini, masa lampau, dan masa yang akan datang.
Peristiwa atau permasalahan  yang dialami suatu masyarakat juga individu di masa lalu, akan menjadi sejarah masyarakat ( individu ) sekarang, demikian pula permasalahan masyarakat ( individu ) yang dihadapi pula permasalahan masyarakat ( individu ) yang dihadapi pada masa sekarang akan menjadi sejarah bagi masa yang akan datang.
Sejarah suatu bangsa penting untuk di kaji untuk dilihat dan dipelajari keberhasilan – keberhasilannya maupun kegagalan – kegagalannya yang pernah dialami di masa lampau.
Keberhasilan yang telah dicapai perlu dipelajari untuk mengetahui cara bagaimana mencapai kebeerhasilannya tersebut. Sedangkan kegagalan – kegagalannya, perlu dikaji ulang, agar dapat menemukan faktor – faktor penyebab kegagalan tersebut, sehingga diharapkan untuk masa yang akan datang kegagalan tersebut tidak akan terulang untuk kedua kalinya.
Generasi yang lebih tua sebagai generasi pembuat sejarah, mewariskan nilai – nilai sejarah kepada generasi yang lebih muda sebagai generasi yang akan memanfaatkan sejarah sebagai acuan karyanya.