Selasa, 27 Maret 2012

Tahapan Kepemimpinan


LIMA TAHAP KEPEMIMPINAN
( SUATU TINJAUAN TENTANG MENGAPA ORANG – ORANG MENGIKUTI PARA PEMIMPIN MEREKA )


      Orang mengikuti para pemimpin karena berbagai macam alasan. Saat para pemimpin meningkatkan pengaruhnya atas orang – orang lain, mereka memperluas alasan bagi orang lain untuk mengikutinya. Keefektifan pemimpin harus meningkat seiring dengan perjalanan waktu jika ia hendak menarik orang – orang baru ataupun mempertahankan pengikutnya yang sudsah ada.

1.         Pribadi seseorang  ( Personhood)
HORMAT  
Orang mengikuti anda karena jati diri anda dan apa yang anda wakili.
Catatan: Tahap ini hanya menjadi milik para pemimpin yang hanya telah menghabiskan waktunya bertahun – tahun untuk mengembangkan orang – orang dan organisasi   – organisasi. Hanya sedikit orang yang berhasil mencapai tahap ini.

2.         Pengembangan orang
REPRODUKSI
Orang mengikuti anda karena apa yang anda telah perbuat bagi mereka.
Catatan: Ini adalah tahap dimana pertumbuhan jangka panjang terjadi. Komitmen anda untuk mengembangkan para pemimpin akan menjamin pertumbuhan yang berkelanjutan dari pribadi – pribadi yang anda pimpin.

3.         Produksi
HASIL
Orang mengikuti anda karena apa yang anda telah perbuat bagi mereka.
Catatan: Ini adalah tahap dimana sukses dirasakan oleh kebanyakan orang. Mereka menyukai anda dan apa yang sedang anda lakukan. Karena momentum yang tepat, masalah – masalah dapat diselesaikan hanya dengan sedikit usaha saja.
                
4.         Permisi
HUBUNGAN
Orang mengikuti anda apa yang anda lakukan bagi organisasi.
Catatan: Orang akan mengikuti anda lebih dari otoritas resmi anda. Tahap ini menyebabkan pekerjaan   dan pelayanan dan menyenangkan dan penuh sukacita.
Awasan: Jika anda tinggal terlalu lama dalam tahap ini tanpa peningkatan, anda akan mengakibatkan   orang – orang yang bermotivasi tinggi dalam kepemimpinan anda menjadi gundah.
5.         Posisi
HAK
Orang mengikuti anda karena suatu keharusan.
Catatan: Pengaruh anda pada tahap ini tidak akan melebihi garis deskripsi tugas anda. Satu – satunya  otoritas yang anda miliki hanyalah otoritas yang diberikan oleh jabatan anda. Semakin lama anda berada pada tahap ini, semakin  cepat tingkat kemunduran orang yang anda pimpin dan semakin rendah tingkat kepercayaan orang terhadap anda.