Senin, 16 April 2012

BRIMOB dari Italia


POLISI PARAMILITER DARI ITALIA
“CARABINIERI “


Heraldic symbol of the Carabinieri
A flaming grenade ( symbol of the gendarmerie )

                                                 Motto :  Nei Secoli Fedele
                                                             Setia sepanjang abad



           


K
orps Carabinieri diciptakan oleh Raja Victor Emmanuel saya sari Savoy dengan tujuan menyediakan Kerajaan Sardinia dengan Korps polisi. Sebelumnya, tugas polisi dikelola oleh Dragoni di Sardegno korps, diciptakan pada tahun 1726 dan terdiri dari relawan. Setelah tentara Prancis telah menduduki Turin pada akhir abad ke – 18 dan kemudian ditinggalkan ke Kerajaan Piedmont, korps dari Royal Carabinieri dilembagakan di bawah Paten Kerajaan 13 Juli 1814.

Kekuatan baru dibagi menjadi divisi pada skala satu divisi untuk setiap provinsi. Perpecahan itu kemudian dipisahkan menjadi perusahaan dan dibagi lagi menjadi lieutenancies, yang memerintahkan dan mengkoordinasikan kantor polisi setempat dan didistribusikan ke seluruh wilayah nasional dalam kontak langsung dengan publik.

Korps ini dipimpin oleh Comando, yang terdiri dari Generale Comandante, Wakil Comandante Generale dan Kepala Staf, semua terletak di Roma. Kepala Staf mengarahkan, mengkoordinasikan dan mengawasi semua kegiatan. Langung mengawasi Direksi Administrasi, Kesehatan, Tehnik, Kolam Motor dan Komisi Hewan. Pada Kepala Deputi Staf tergantung Pusat Nasional untuk Rekrutmen dan Seleksi, Administrasi Nasional Pusat dan Kantor Legislasi.

Carabinieri diatur secara teritorial untuk misi penegakan hukum. Organisasi teritorial merupakan inti dari lembaga, mengandung 80 persen gaya dan diselenggarakan secara hirarkis. Di luar organisasi teritorial, Spesialis Handphone Satuan Komando Palidoro (berbasis di Roma) mengontrol Divisi Unit Handphone, Divisi Satuan Spesialis dan ROS.

Divisi Satuan Handphone terletak di Treviso dan memiliki dua brigade yang bertugas manuver massa selama keadaan darurat, membela bangsa dan ikut serta dalam operasi militer di luar negeri. Mendukung ketertiban umum dan kontrol teritorial di daerah perkotaan, dsan membela kontribusi untuk operasi otoritas sipil dalam hal keselamatan publik.

ROS

ROS ( Raggruppamento Operativo Speciale atau Kelompok Operasional Khusus ) adalah satuan elit didirikan pada tahun 1990 untuk menangani kejahatan teroganisir ( Mafia dan lainnya ), kegiatan subversif, terorisme dan jenis kejahatan yang lebih kompleks. Sebuah bagian anti – kejahatan ditemukan di setiap kota dan kantor distrik publik jaksa.


Khusus Tugas Departemen

Khusus Tugas Departemen berada di luar kerangka organisasi biasa dsan digunakan untuk misi khusus : Corazzieri ( Cuirassier ) adalah korps elit dsan penjaga kehormatan dari Presiden Republik Italia, terletak di Istana Quirinal. Mereka dibedakan oleh seragam mereka dan tinggi ( ketinggian minimum untuk diterima adalah 190 cm, atau 6 kaki 3 inci ). Mereka hampir tidak memiliki tugas sehari – hari lainnya, meskipun mereka mungkin terlihat berpatroli sesekali. Departeman lain dalam pelayanan kepada badan – badan konstitusional seperti kepresidenan Republik, Senat, DPR, Kejaksaan, para Perdana Menteri dan Dewan Nasional Ekonomi dan Buruh. Carabinieri juga melakukan polisi militer dan tugas – tugas keamanan untuk Departemen Pertahanan, perintah tinggi militer, kantor peradilan militer dan organisasi militer sekutu di Italia dan luar negeri. Mereka juga memiliki personil yang melekat pada Departemen  Keamanan Publik di berbagai departemen, serta anti – mafia dan anti – narkoba gugus tugas investigasi petugas Carabinieri dibebankan dengan pengawasan dan keamanan di kedutaan dan konsulat Italia di luar negeri, melakukan layanan yang sama dipercayakan kepada dengan Korps Marinir Amerika Serikat di kantor – kantor diplomatik AS dan konsuler.

Bersama dengan Polizia di Stato dan Guardia di Finanza, Carabinieri juga bertanggung jawab untuk pengawasan perbatasan.

Pertempuran utama di mana Carabinieri ambil bagian sebelum Perang Dunia I adalah :
  • Grenoble, 5 Juli 1815 (baptisan api).
  • Pertempuran Pastrengo , 30 April 1848 - Korps Carabinieri dianugerahi pertama Medali Perak Keberanian Militer.
  • Pertempuran Santa Lucia , 6 Mei 1848 - Korps Carabinieri dianugerahi pertama Medali Perunggu Keberanian Militer.
  • Pertempuran Custoza , 24-25 Juli 1848.
  • Pertempuran Custoza , 24 Juni 1866.
  • Penangkapan Roma , 20 September 1870 (bersama dengan Bersaglieri ). 
Untuk kontribusi selama Perang Dunia Pertama, Korps dianugerahi pertama Medali Emas Keberanian Militer. 
Dalam Perang Dunia II, Carabinieri membedakan diri dalam pertempuran berikut :
  • Pertempuran Klisoura di bagian depan Yunani-Albania dari 16 sampai 30 Desember 1940 Medali Perunggu Keberanian Militer.
  • Pertempuran di Cafe Struga di bagian depan Albania Yugoslavia pada 18 April 1941.
  • Pertempuran Culqualber (Ethiopia), 6 Agustus - 21 November 1941 - Korps dianugerahi kedua Medali Emas Keberanian Militer.
Dengan diadakannya unifikasi daerah disemenanjung Italia dalam tahun 1870, daerah Yurisdiksi Korps Carabinieri diperluas sampai meliputi seluruh wilayah di semenanjung. Sepanjang masa komposisi korps sering mengalami  perubahan-perubahan agar dapat mengakomodasikan kebutuhan-kebutuhan nasional yang terus berkembang. Pada waktu sekarang kesatuan-kesatuan Carabinieri dengan perlengkapan yang memadai ditempatkan secara strategik di seluruh wilayah negara. Kekuatannya kira-kira 75.000 orang (dalam tahun 1962), terdiri dari  1.400 perwira, 16.000 bintara dan 57.000 tamtama.
Secara organisator, korps Carabinieri terdiri dari :
1)     Markas Besar,
2)     3 Divisi,
3)     10 Brigade (9 Brigade Teritorial dan 1 Brigade Sekolah),
4)     24 Legiun Teritorial,
5)     1 Skadron Kawal Presiden Republik Italia,
6)     12 Batalyon Mobil,
7)     1 Satuan Berkuda yang ditempatkan di Legiun Teritorial Roma.
8)     1 Korps Musik terdiri kira-kira 100 orang,
9)     1 Grup Teritorial yang diperbantukan kepada Korps Sekurity Somali.

Kekuatan dari Carabinieri terbagi dalam 108 grup teritorial yang mengoperasikan lebih dari 5.000 sektor (stations). Beberapa sektor ini, yang kira-kira dapat disamakan dengan Presinet di Amerika Serikat, dikelompokkan dalam Pleton dan seksi. 


 Beberapa peleton atau seksi membentuk 1 kompi, dan beberapa kompi ini membentuk 1 grup. Grup ini kira-kira dapat disamakan dengan 1 Batalyon Angkatan Darat. 2 Grup atau lebih membentuk 1 Legiun Teritorial. 2 Legiun atau lebih mebentuk 1 Brigade, dan 2 brigade atau lebih membentuk 1 Divisi. 

Meskipun Sektor Carabinieri umumnya dapat disamakan dengan Presinet di Amerika Serikat, namun disana-sini memperlihatkan perbedaan-perbedaannya. Dapat terjadi bahwa di kota-kota besar banyak Sektor Carabinieri ditempatkan pada kedudukan strategik diseluruh daerah perkotaan. Namun demikian, di daerah pedesaan dapat terjadi bahwa hanya ada 1 Sektor Carabinieri saja yang ditugasi untuk mengkepolisiani beberapa desa.
                                   
Pada umumnya Sektor Carabinieri terdiri selainnya dari ruangan kamar jaga, perkantoran dan penahanan, juga dari rumah-rumah dinas bagi para perwira dan bintara beserta keluarganya, dan asrama bagi para tamtama yang belum beristeri. Para tamtama yang sudah berkeluarga tinggal di luar kompleks Sektor.

Oleh karena Komandan Sektor beserta keluarganya tinggal di kompleks Sektor, maka benar-benar dapat dikatakan bahwa ia itu bertugas 24 jam sehari.
                                   
Carabinieri adalah satu-satunya badan yang mempunyai kekuasaan Kepolisian Militer. Disamping itu ia juga mempunyai kekuasaan Kepolisian sipil. Ia berpartisipasi aktif dalam kehidupan sipil dari bangsa, mengadakan kerjasama dengan pejabat-pejabat Kepolisian lokal dan pejabat-pejabat Kepolisian nasional lainnya, melindungi keselamatan negara dan perdamaian para warga negaranya.
                                   
Supervisi di tingkat nasional pada umumnya berada di tangan Menteri Pertahanan. Namun dalam pemeliharaan ketertiban dan keamanan umum, Carabinieri ini juga menerima instruksi dari Menteri Dalam Negeri.

Tugas pengrekrutan dalam Carabinieri merupakan fungsi penting dari badan ini. Setelah diseleksi, para rekrut dikirimkan ke sekolah di Roma dan Torino. Disana mereka memperoleh pendidikan latihan dasar dalam tugas pokoknya berganda sebagai Polisi Militer dan Polisi Sipil. Mereka menyelesaikan pendidikan latihannya di satuan-satuan Carabinieri arau di Sektor Teritorial, dimana mereka ditugaskan.
                                   
Para bintara dipilih dari 2 kelompok. Para rekrut yang luar biasa dikirimkan ke akademi persiapan di Moncalieri untuk menjalani pendidikan latihan selama 1 tahun. Pendidikan latihan ini dilanjutkan selama 1 tahun lagi di Sekolah Bintara Florence. Sumber kedua untuk bintara terdiri dari anggota Carabinieri yang telah menyelesaikan pendidikan latihan dasar, dan yang telah memperlihatkan standar tinggi yang luar biasa tentang kelakuan, efisiensi dan kwalifikasi profesional. Para tamtama dari sumber (kelompok) kedua ini secara lansung dikirimkan ke Sekolah Bintara di Florence untuk menjalani pendidikan latihan selama 1 tahun.

Para perwira Carabinieri biasanya di rekrutir dari Korps Perwira reguler melalui ujian kompetitif. Namun demikian, sejumlah kecil perwira diseleksi secara langsung dari para bintara Carabinieri, yang telah lulus dari pendidikan yang diselenggarakan di Akademi Militer Modena. Pendidikan ini merupakan salah satu persyaratan. Sebelum ditugaskan disatuan-satuan Carabinieri, maka para perwira harus mengikuti suatu pendidikan latihan khusus di Sekolah Perwira yang terletak di Roma.